Minggu, 15 Mei 2016

Tips Memulai Bisnis Clothing


Bisnis Clothing

Memulai bisnis clothing memang tak segampang menjadi reseller maupun dropshipper.  Kita perlu kreativitas dan inovasi untuk memulai bisnis clothing ini. anda juga perlu mempunyai brand tersendiri. lalu apakah memulai bisnis clothing itu sulit ?. sebenarnya sih tidak juga.


Berikut ini saya berikan tips memulai bisnis clothing

1. kekuatan ide
Yang pertama harus kita pikirkan untuk memulai bisnis clothing ini adalah ide atau tema dari clothing yang kita buat. apakan clothing kita bertema tengkorak, gothic, pop, retro, urbah ataupun klasik. 
atau tema clothing anda bisa juga kedaerahan misalnya Garut, Bekasi, Bandung dll. semakin kuat ide atau tema clothing maka semakin mudah pula seorang desainer menuangkannya kedalam kaos atau pakaian lain. oleh karena itu, kita wajib mencari tahu apakah tema clothing kita sudah ada pesaingnya atau belum. karena ide yang orisinil akan lebih mudah untuk dijual kepada konsumen.

2. Kekuatan Produk
Tips yang kedua untuk memulai bisnis clothing adalah kekuatan produk. Produsen clothing memiliki kekuatan produknya masing - masing. Biasanya yang tampak sekali adalah desain kaos pada produk clothing. ada kaos yang bergambar tengkorak, pemain bola dll. Namun yang mesti diperhatikan adalah produsen clothing tidah hanya menjual desain kaosnya saja. mutu bahan kaos (baca : macam - macam kain kaos berdasarkan jenisnya) dan mutu sablonan (baca : jenis - jenis sablon kaos) menjadi keunggulan dari masing - masing pebisnis clothing. Jangan memilih bahan kaos yang murmer (dibaca : murah meriah) demi dapat menjual kaos dengan harga yang murah. Kenyamanan pelanggan tetap harus diutamakan. sablonan pun demikian juga. sablon manual memang kualitasnya lebih bagus daripada sablon mesin. walaupun memang harganya juga lumayan mahal, namun apa salahnya dicoba  
3. Cari Modal
Modal! kata ini yang sering membuat pebisnis pemula semangatnya langsung kendor. cari modal darimana ? begitu pikirnya. 
mencari modal sebenarnya banyak cara, anda bisa berpartner dengan teman, bisa dengan tabungan sendiri, bisa juga meminjam modal dari Bank. asal jangan pinjam ke rentenir aja. bisa bisa anda malah terlilit bunga utang yang menumpuk nantinya.  

4. Cari Relasi
Tips keempat dari saya untuk memulai bisnis clothing adalah dengan mencari relasi sebanyak - banyaknya. dalam bisnis ini paling tidak anda mesti mempunyai relasi dengan tukang jahit, tempat sablon, penjual kain dan sedainer. untuk pemula tak ada salahnya kita terlebih dahulu bertanya kepada mereka yang telah lama terjun kedalam industri clothing. saran saya perbanyaklah teman untuk memperbanyak relasi.

5. Strategi Promosi
Tips yang terakhir dari saya untuk memulai bisnis clothing ini adalah strategi bisnis. 
promosi yang murah bahkan gratis namun menjangkau banyak orang sekaligus ?. apakah ada yang seperti itu ?. jawabnya ada yaitu internet. gunakan web dan blog serta sosial media yang gratis alias cuma - cuma. tapi tidak ada salahnya jika kita ingin membawa bisnis ini ke level berikut nya. manfaatkanlah jasa perusahaan periklanan digital. efeknya maksimal namun biayanya terjangkau bagi bisnis pemula.  

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat bagi kita semua. terima kasih.
 


3 komentar: